05 February 2024

New Year 2024: New Reading Goals

🎊HAPPY (LATE) NEW YEAR 2023, EVERYONE!🎊

Iya, maaf. Ini telatnya sebulan banget ucapannya 😅 Tahun 2023 bukan tahun yang cukup menyenangkan untuk progres membacaku. Tahun lalu aku sering terjebak reading slump karena buku-buku pilihanku ternyata tidak cukup seru dan tidak page turner jalan ceritanya. Aku pun jadi lelet baca bukunya. Yah, walaupun aku berhasil membaca 44 buku, tapi aku rasa bisa tembus 50 buku kalau menemukan buku yang seru 👀 Nah, di tahun 2024 ini aku menyusun beberapa tujuan membaca agar lebih bervariasi progres bacanya.

☆     2024 Reading Goals     

☆ Membaca 30 buku dalam setahun
Sejak menggunakan aplikasi Goodreads, aku terbiasa menyusun target membaca tahunan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, aku berencana membaca 30 buku untuk tahun ini. Aku rasa 30 buku merupakan angka yang bisa aku capai dan sudah cukup banyak. 

☆ Membaca 2-3 buku nonfiksi
Aku menyadari bahwa membaca buku nonfiksi adalah sesuatu yang sulit buatku. Aku kerap kesulitan untuk memahami buku-buku nonfiksi, meski aku suka. Alasannya, aku selalu berusaha memahami inti bacaanya tiap bab hingga akhirnya aku malah jadi merasa terpaksa dan tidak menikmati bacaan nonfiksi. Aku juga sering lupa dengan inti dari buku nonfiksi yang aku baca dan hal ini sering bikin aku kesal sama diri sendiri 😔 Maka dari itu, dengan target membaca yang aku buat ini, aku ingin mencoba membaca nonfiksi dengan perlahan sambil menikmati, tanpa menekan diri sendiri untuk harus paham banget.

☆ Membuat 2 tulisan review buku di Blog dan Instagram
Tahun lalu aku memutusan untuk fokus menjadikan akun Instagram pribadiku sebagai bookstagram. Demi memaksimalkan akun tersebut, aku sedang berusaha konsisten membuat konten review buku dalam bentuk post dan reels. Berhubung masih baru, aku membuat target sedikit dulu sembari menemukan pattern yang nyaman untuk membuat konten. Ada tantangan tersendiri ketika memutuskan jadi pembuat konten perbukuan. Seperti contohnya kecepatan membaca tidak selalu beriringan dengan kecepatan menulis konten karena ada saja kejadian writer block.


☆ Membaca 2-3 buku TBR
Dalam rangka membabat buku-buku yang sudah terbeli, tapi tidak segera dibaca yang ada di rumah. Aku ingin menyicil baca buku-buku TBR tersebut. Aku rasa 2-3 buku saja sudah cukup, terlalu banyak jumlah malah biasanya berakhir wacana saja. Sedikit-sedikit nanti juga habis juga TBR-nya.

☆ Membaca 2 buku bahasa Inggris 
Setelah mencoba aplikasi Everand (dulu Scribd) dan Libby, aku jadi tertarik membaca buku-buku bahasa Inggris karena bahan bacaannya banyak banget. Sebagai langkah pertama, aku menargetkan baca 2 buku berbahasa Inggris dalam setahun dengan tebal halaman 200 saja. Aku berharap dengan langkah kecil ini, aku ingin terbiasa membaca buku berbahasa Inggris dan familiar dengan kosakatanya. Buku bahasa Inggris masih jadi monster buatku karena terkadang aku kesulitan memahami idiom dan kata-katanya. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...