05 September 2016

Announcement: Dear Manga Lovers, Harga Komik Naik (LAGI)!

source: m&c! fanspage
Kembali di sesi non-review. Kabar duka dear manga lovers, harga komik naik lagi ke sekian kalinya. Padahal kemarin yang santer diberitakan itu harga rokok naik, eh harga komik yang naik. 'Cuma' naik Rp2.500 kok. Tapi kerasa mahalnya. Aku pernah menulis tentang kenaikan harga komik di sini (maaf tulisan jaman dulu agak alay XD) To be honest, aku merasa harga komik itu pasnya Rp12.000 apa ya berdasarkan pemikiran asalku: jika harganya segitu aku bisa beli 3 komik dengan harga kurang dari Rp50.000. Masih terjangkaulah. Tanggal 1 September kemarin aku beli dua komik harganya masih Rp20.000 :') Sekarang mungkin sudah naik.

Tujuan harga komik dinaikkan karena untuk menjaga kualitas produk terhadap kenaikan harga produksi. Selain itu berdasarkan portal Elex naiknya harga komik ini juga dipengaruhi semakin mahalnya harga kertas. Hal tersebut dikeluhkan oleh para penerbit buku (baca: Porta Elex Media: Kertas, Harga, dan Dilemanya)

Tentunya sebagai pembaca, aku merasa sedih (banget) karena harganya semakin mahal untuk kantong mahasiswa. Yah walaupun harga komik di Indonesia belum ada apa-apanya dibandingkan di Jepang yang satu komik harganya Rp80.000 . Membaca alasan-alasan tersebut aku maklum-maklum saja. Namun, jika di lihat dari kenyataan: kualitas kertasnya malah semakin menurun, tinta percetakan pun tidak konsisten; kadang terlalu tipis, kadang terlalu tebal sampai jari ini hitam-hitam (contohnya komik Deathnote), typo juga masih sering ditemui, dan terjemahan ngaco, teks hilang juga ada.

Why did you do this to me..

Aku agak menyayangkan harga komik naik di saat banyak komik bagus yang terbit di Indonesia; baru-baru ini. Pikirku apa penerbit tidak takut kalau peminat komik akan berkurang padahal komik-komik yang diterbitkan cukup terkenal di negera Jepang sana dan banyak yang suka; kebanyakan sudah diadaptasi ke anime atau live action. Pecinta komik seperti aku pasti akan berpikir dua kali untuk membeli banyak komik pun menambah judul komik baru. Barusan mengecek rak buku, ada sepuluh judul komik yang ongoing. Meanwhile aku juga ingin menambah 7 judul baru: One Punch Man, Orange, You're Lie in April, Haikyuu, Ajin, 5 Menit Sebelum Tayang, Rixa, Me vs Big Slacker Baby dan Inspector Shinya Kogami. Maka mau tidak mau aku harus selektif mana komik yang benar-benar ingin dikoleksi. Susah juga.

Demi kemaslahatan kehidupan dan kelangsungan blog review komik ini aku akan membeli komik di Togamas saja. Dengan slogan 'diskon selamanya' cukup meringankan pengeluaranku. Lumayan diskon 25% saat hari terbit komik (berlangsung 3 hari) sesudahnya diskon 10%. Kalau dihitung harga komik jadi Rp20.250 lebih 250 perak. Ketahuan banget perhitungannya.......... :') Seandainya harga komik naik sampai 25k aku akan berhenti membeli komik (mungkin lho ya~) /desh

I'm fine. It's okay :')
Aku cuma berharap kualitas produksinya benar-benar ditingkatkan. Bukan cuma wacana saja. Kasihan pembaca sudah merogoh kocek cukup dalam tapi kualitas komik tidak sebanding :) Semoga penerbitan komik selalu lancar ya ^^;

5 komentar:

  1. Wah togamas diskon 25% :o sayang ngga ada toga mas deket sini.. Gue beli komik sering di toko buku online sekarang, jarang di gramedia kecuali lagi promo beli 3 gratis satu..
    Ya sekarang jadi selektif beli komik. Komik rating 5 aja yang dibeli.. 😂😂

    BalasHapus
  2. Min, skrg naiknya 50k hhe
    Crying inside

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih wkwkwk maaf late reply bangeeet huhu T__T sekarang harga 50k aja dijabanin beli :')

      Hapus
  3. sekarang komik sperti spy x family dijual 40k di. Gramedia ya. sadis bgt, udh gitu kertasnya sama2 aja kek jaman dulu pny, ga ad yg “ditingkatkan” kualitasnya menurutku. emg sih inflasi inflasi, tp kterlaluan jg bs sampe 40k sedangkan komik asli jepang aja rata2 400-500yen tapi itu berkualitas n ad book cover.

    BalasHapus
  4. Yah, faktor utama kenaikan harga komik emang inflasi sih. Sekarang komik reguler aja jadi 32 ribu. Itu paling murah. Paling mahal setau aku komik Monster yang cetak ulang harganya nembus 154k :') Semoga kita selalu diberi rejeki buat beli buku ya T__T

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...