03 February 2024

2023 Reading Challenge Wrap Up

edited by me

Halo, semuanya! Akhirnya kita bertemu lagi di tahun 2024 ini, ya๐Ÿ™‚

Postingan ini memang terbilang telat karena bulan ini sudah Februari, tapi pada kesempatan ini aku mau mencatat kegiatan membaca selama setahun belakang. Tahun lalu aku hanya mampu membaca 44 buku saja. Alasan terbesarnya karena aku sering kedapatan buku-buku yang membuatku reading slump ๐Ÿ˜ญ Banyak buku yang entah mengapa justru menyurutkan keinginan membaca karena alurnya, gaya penulisan, dan konfliknya kurang cukup baik ditulis buatku. Meskipun begitu, tahun lalu aku menemukan beberapa buku yang menarik dan memorable. ๐Ÿ˜๐Ÿ–️




Berikut buku-buku yang aku beri rating 5 dan aku rekomendasikan buat kalian:

Cover Novel Pengantin Remaja dari Ken Terate
Pengantin Remaja by Ken Ternate ⭐⭐⭐⭐⭐
Novel remaja ini menjadi favoritku nomor satu karena masalah remaja yang diangkat sangat relate dengan isu pernikahan dini di Indonesia. Tahun lalu cukup santer terdengar di sebuah kota di Jawa Timur banyak anak remaja yang mengajukan nikah dini. Hal tersebut mengingatkanku dengan Pipit--tokoh utama--yang memilih putus sekolah untuk menikah dini. Permasalahan nikah dini ini menyebabkan kemunculan konflik-konflik lain yang membuat Pipit berpikir ulang soal menikah. Aku sangat berharap novel ini bisa dibaca oleh banyak anak sekolah agar tidak terjebak dengan fenomena menikah dini.
Cover novel Penaka dari Altami A.D.
Penaka by Altami N.D ⭐⭐⭐⭐½
Sepasang suami istri yang pernikahannya sedang di ujung tanduk karena sang suami sibuk bermain game online bukannya membantu pekerjaan rumah tangga. Sudut pandang yang digunakan penulis dalam menyampaikan ceritanya sungguh unik. Aku selalu dibuat penasaran dengan langkah yang akan diambil tokoh-tokoh utamanya dalam usaha menyelamatkan bahtera rumah tangganya.
Penampakan cover novel The Privilege One dari Mutiarini
The Privileged Ones by Mutiarini ⭐⭐⭐⭐½
Raraไธ€seorang mahasiswi miskin yang mendapat proyek membuat chanel Youtube sebagai tugas akhir. Bagi yang chanel Youtubenya ramai penonton dan subscriber-nya akan mendapat imbalan spesial. Bagi Rara yang datang dari keluarga miskin sulit rasanya mengemban tugas itu karena ia tidak punya banyak modal seperti teman-teman lainnya yang lebih kaya darinya. Aku suka dengan topik privilage yang diangkat di sini dan bagaimana usaha Rara dalam memenangkan kompetisi tersebut dengan privilage yang ia punya.



Coevr komik Uzumaki dari Junji Ito
Uzumaki by Junji Ito ⭐⭐⭐⭐
Salah satu cerita oneshoot dari Junji Ito yang paling tebal yang pernah aku baca. Bercerita tentang sepasang kekasih bernama Goshima dan Shuichi yang tinggal di sebuah kota aneh. Kota tersebut dipercaya telah mendapat kutukan yang mengakibatkan semua makhluk hidup berbentuk spiral. Semua orang pun jadi terobsesi dengan bentuk spiral. Meski komik ini cukup tebal, tapi karena ceritanya seru dan page turner, aku jadi dibuat penasaran dengan nasib kedua tokoh utama ๐Ÿ‘€



Cover buku The Things Left Behind
The Things Left Behind by Kim Sae Byeoul & Jeon Ae Won ⭐⭐⭐⭐⭐
Sebuah buku nonfiksi yang sudah diangkat ke dalam Live Action dengan judul Move To Heaven. Buku ini menceritakan pengalaman seorang pemilik jasa pembersih tempat kejadian kematian seseorang. Dalam menjalankan usaha ini beliau mengalami banyak kesulitan seperti diremehkan, dianggap mendatangkan kesialan sampai sering diusir. Namun, beliau tidak putus asa. Kini jasanya dibutuhkan banyak orang. Di setiap pekerjaannya selalu ada cerita yang bisa diambil pesannya.







Niatku ingin lebih banyak menulis tentang progres membaca tahun lalu, tapi karena nanti jadi kepanjangan. Aku akan menulis soal rencana membaca di tahun 2024 di postingan yang berbeda. Untuk menutup post ini aku cukup senang karena berhasil melampaui target membaca 30 buku ๐Ÿ˜

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...