04 September 2023

Manga Review: Ito Junji: Best of Best (Short Story Collection)

ITO JUNJI: Best of Best Short Story Collection

Pengarang: Junji Ito
Penerbit: AKASHA
Terbit Buku: Februari 28 2019
Tebal Buku: 236 halaman
Rating: ⭐⭐⭐⭐⭐








Michio sudah lama mengurung diri di rumah selama 7 tahun. Sepanjang waktu itu Michio sibuk bermain game dan menonton TV di dalam kamar. Makanan siang-malam disediakan ibunya di depan kamar. Suatu hari, ibunya memberikan sebuah surat undangan reuni dan undangan upacara kedewasaan dari teman lamanya, Horie Natsuko dan menyuruhnya datang karena sudah lama mendekam. Namun, Michio menolak keras karena lebih suka menyendiri. Sementara itu, di luar sedang ada kejadian menggemparkan warga setempat. Ada dua manusia yang ditemukan meninggal di sebuah sungai dalam kondisi sudah terjahit dengan senar pancing satu sama lain. Lalu, tiba-tiba ada siaran radio aneh dan pesawat tak dikenal menyebarkan ajakan untuk berkumpul ramai-ramai dan menjadi satu pasukan. Apakah Michio akan terpengaruh dengan ajakan tersebut dan berani keluar dari rumah?

Sejak awal aku sudah tahu kalau Junji Ito adalah mangaka horor di Jepang. Namun, waktu itu aku belum pernah membaca karyanya satu pun. Barulah saat komik ini terbit, aku membaca karyanya untuk kali pertama. Sebagai perkenalan, komik ini langsung memberikan scene mengerikan dan membuatku begidik di halaman awalnya. Komik Best of the Best ini dimulai dengan kisah dua manusia yang tubuhnya terjahit satu sama lain dan hal itu terjadi berulang ketika banyak orang saling berkumpul ramai. Lalu dilanjutkan dengan cerita Human Chair yang di luar nalar dan imajinasi. Kisah Human Chair dibuat berdasarkan kisah yang ditulis Edogawa Ranpo yang berjudul sama. Membayangkan ada manusia yang bersembunyi di dalam kursi yang biasa diduduki itu rasanya menyeramkan. Komik ini punya ide cerita yang out of the box, sulit diterima nalar. Setiap kejadian selalu ada hal mengganjal yang membuatku bertanya-tanya mengapa bisa terjadi. Namun, lagi-lagi ini adalah cerita unik khas Junji Ito yang tidak bisa dipikir oleh logika. 

Komik ini memiliki 10 cerita yang berbeda. Tiga di antaranya mengambil ide cerita dari Ranpo Edogawa dan Robert Hichens. Bab yang menjadi favoritku adalah Human Chair, The Licking Woman, Other Love of This World, Enigma of Amigara Fault, dan Memento. Alasannya ceritanya itu unik, bikin begidik ngeri dan juga jijik, tapi seru untuk diikuti. Soal gambar komiknya sudah tidak perlu diragukan lagi nuansa horornya. Komik Ito Junji ini dicetak dengan bookpaper, dilapisi jacket cover, dan kover buku seperti biasa yang bergambar adegan-adegan per bab cerita. Ada 2 pin up gambar berwarna di bagian depan dan 4 galeri karya Junji Ito lainnya.  Pemberian format premium ini membuat pengalaman membaca dan koleksi makin seru :) Buat pembaca yang suka dengan Junji Ito, komik ini wajib banget buat dikoleksi! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...