30 Maret 2017

Ghosty's Comic | Webtoon

GHOSHTY'S COMIC
Kreator: GHOSTYCORP
Facebook:  GHOSTY's COMIC
Genre: Comedy
Rating: 5 of 5 stars

Sebagai pengolektor komik aku pernah khilaf menghabiskan sebagian besar uang tabungan untuk membeli komik. Bagiku membeli komik adalah sebuah kepuasan sendiri; hobi yang cukup berat di dompet tapi tetap saja dilakuin. Kalau sudah khilaf rasanya pasti menyesal kenapa aku nggak bisa irit padahal banyak keperluan lain. Demi bisa beli komik aku bahkan menekan uang jajan makan siang di kampus. Nah, pembaca mungkin ada yang pernah khilaf demi kepuasan hobi? Komik ini akan sangat memahami kamu manis pahitnya dunia perkhilafan!

Ghosty's comic sebuah komik webtoon yang menjelaskan bagaimana dunia perkhilafan hobi sebenarnya. Setiap orang pasti memiliki hobi yang tidak jarang untuk memenuhi kebutuhan hobinya harus merogoh kocek yang cukup dalam. Di komik ini fokus pada hobi game, action figure nendoroid, gunpla dan sebagainya. Sebagai informasi, benda-benda koleksi semacam itu harganya memang sangat mahal bisa sekitar ratusan sampai jutaan rupiah. Meski harganya mahal ada saja orang-orang yang mengoleksinya. Terkadang kalau sudah benar-benar kepengin banget beli, terpaksa pinjam uang teman. Selain membahas dunia perkhilafan, Ghost's Comic juga memberi informasi mengenai benda-benda yang sering bikin khilaf, suka-dukanya jadi seller yang di-php (cuma ditanya harga, nggak dibeli barangnya dan nagih-nagih duit pembeli), suka-dukanya pengolektor yang wishlist-nya ada, uang nggak ada. Pas sudah nabung ada uang, barangnya sold out. Demi hobi rela mengirit uang makan; cuma makan nasi kecap atau nasi garam/kerupuk. 



Adalah Jaret Fajrianto (Jaret), tukang khilaf yang sering menghabiskan uang buat khilaf hobi action figure. Karena sering kehabisan uang buat khilaf, makanan yang sering dimakan itu nasi kecap. Jaret punya pacar namanya Himawari Amarsa (Mari) tukang hobi baca baca dan pengolektor buku. Mari suka bingung harus apa kalau Jaret cari masalah gara-gara hobi khilafnya. Muhammad Andri (Emon) orang yang suka dipinjamin duit sama Jaret, hobinya khilaf robot-robotan tapi nggak terlalu. Suka ngeracunin orang-orang sekitar pakai barang-barang hobinya. Pamans, bapak-bapak kaya dan sombong. Tetap rajin mengoleksi robot-robotan dan figure meskipun sudah berkeluarga. Kalau punya barang hobi pasti dipameri-pamerin. Yang terakhir dan tidak boleh ketinggalan, SULTAN. ya SULTAN (tulisannya harus kapital semua). Siapa yang tidak kenal sultan? Orang kaya raya yang kekayaannya tidak terhitung, hobinya mengoleksi mainan dan properti (gedung, mobil, rumah, dll). Orang lain cuma mampu beli satu mobil, Sultan bisa beli segedungnya. Pokoknya Sultan bisa beli apapun! Kalau ada yang berani pamer dan sombong, meragukan kehebatan atau cari masalah sama Sultan besoknya orang itu akan ditemukan mengambang di sungai. 

source: webtoon (screenshot) Ghosty's comic


Aku sudah baca Ghosty's Comik di Facebook, baru lanjut lagi baca di Webtoon. Di awal aku cuma baca sampai enam episode, terus pas di kampus wifi-an cepat-cepat baca sampai episode terbaru. Cerita yang dibuat sangat menghibur dan informatif. Desain karakternya sederhana ciri khas dari Ghosty's comic. Isinya juga sangat menggambarkan kehidupan seorang pengolektor, seller dan pengalaman lainnya yang berkaitan dengan hobi. Bisa dibilang komik ini semacam curhat colongan para pengolektor--yang hobinya susah dimengerti orang lain. Para kreatornya sendiri ternyata pengoleksi barang khilaf juga, makanya paham XD. Beberapa episode Ghosty's Comic pernah aku alami, seperti pengin beli barang, tapi harus PO itu nggak enak banget. Harus rebutan siapa cepat dia dapat padahal lagi nggak ada uang. Mau beli buku nunggu harganya turun dan punya uang, eh barangnya sudah nggak dijual atau harganya malah naik. Soal makan nasi kecap itu juga XD Tapi aku nggak seekstrim itu ( ._.) Aku hanya membatasi uang jajan jangan sampai 10 ribu (itu level hemat parah kata teman-temanku) Bagian paling menghibur itu kalau pas Sultan datang, terus dia beli mobil sama gedungnya sekalian. Tokoh-tokoh yang lain langsung bilang 'Ampun Sultaaan' sambil membungkuk. Kreator komiknya juga kreatif bisa bikin lagu parodi diganti liriknya yang berbau khilaf!

Oiya, aku pernah baca status orang di Facebook soal hobi juga. Jadi orang ini punya koleksi action figure robot-robotan yang harganya dua jutaan lebih. Suatu hari teman ibunya datang sambil bawa anak. Yang namanya anak kecil kalau lihat mainan pasti tertarik kan ya. Yaudah dimainin. Eh rusak bagian tangan atau kaki gitu. Si ibu anak itu bilang bakal mengganti uang mainan yang dirusak. Si ibu pengolektor bilang nggak usah ditukar, cuma mainan. Si ibu yang anaknya merusak mainan ngotot mengganti uang mainan katanya 'paling murah'. Terus si pengolektor nunjukin harga mainan tersebut di internet. Si Ibu pun terdiam. Si pengolektor tetap menagih uang ganti rugi. Yah, itu salah satu wujud susahnya jadi pengolektor action figure :')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...