06 August 2015

Demam Baca Webtoon

Webtoons atau webcomics: adalah komik digital yang berisi komik buatan orang Korea Selatan. Komik-komik tersebut dapat diakses melalui handphone dengan cara install aplikasinya dan melalu web. Tidak seperti komik Jepang biasanya, webtoons menghadirkan komik yang berwarna dan... gratis. Kalian bisa mengunduhnya juga, sehingga kalian bisa membaca komik tersebut secara offline,masa aktifnya 30 hari. Cara membacanya scroll dari atas ke bawah. Setiap komik ada jadwal updatenya sendiri. Jadi, yang sabar ya kalau bacanya tiga menit, nunggunya seminggu. Hehehe ^^V

Dulu aku pikir komik Korea tidak terlalu bagus (maafkan aku) karena kebanyakan manhwa yang di toko buku artnya tidak bagus, jadi aku memutuskan untuk tidak membaca manhwa. Tapi, webtoons mengubah pemikiranku tentang manhwa itu sendiri. "Ternyata manhwa bagus juga," pikirku. Webtoons versi bahasa Inggris mempunyai banyak variasi genre. Ada 9 genre: drama, fantasy, comedy action, slice of life, romance, heartwarming, thriller, dan sci-fi. Judulnya pun bervariasi lebih banyak ketimbang versi bahasa Indonesia.

Beberapa webtoons favorite [urut berdasarkan ketertarikan pertama kali]:


DICE: The Cube That Can Change Everything by Hyunseok Yuu tentang sebuah kubus yang dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik dengan cara melontarkan dadu. Kalian dapat mengubah penampilan, kemampuan, kepintaran, bentuk tubuh menjadi cantik/ganteng. Pemain yang mempunyai dadu dan mengubah hidupnya disebut DICER.

Pada saat tertentu kalian mendapat sebuah 'quest' yang ditampilkan di layar handphone kalian. Jika kalian dapat menyelesaikan quest tersebut, kalian akan mendapat dadu baru dengan jumlah yang diinginkan. Dan dadu-dadu itu dapat kalian gunakan untuk meningkatkan diri kalian.
 "Ketika aku masih muda orang-orang dewasa bilang. Jika kau berharap sesuatu, tunggu sampai bintang jatuh dan harapan itu akan menjadi kenyataan. Saya menertawakan mereka, tapi mereka juga tidak salah. Hanya caranya untuk mengabulkan harapanku sedikit berbeda yaitu.."
Tales of Unusual by Seongdae Oh: kumpulan kisah horror yang berbeda-beda tiap episode. Awalnya aku berpikir kumpulan cerita di sini cukup menyeramkan didukung dengan desain gambar ya gelap dan aneh terkesan menegangkan. Aku berhenti membaca komik ini karena aku takut soal hantu, tapi beberapa hari yang lalu ceritanya sudah tidak menyeramkan. Masih sih hanya saja tidak melulu soal hantu. Salah satu komentar di sana bilang menyeramkan tidak selalu tentang cerita hantu tetapi bisa juga cerita yang berkaitan dengan emosi dan psikologi seseorang. 

Gudang Cerita Horor: Koleksi Mimpi-Mimpi Buruk by Various Artist, Friday: Forbidden Tales by Jinsoo Bae dan The Cliff by Seongdae Oh [complete] juga berisi cerita horor dan tidak semua ceritanya aku baca lagi-lagi bikin parno hehe


Orange Marmalade by Seokwoo bercerita tentang cewek SMA-Mari Baek yang merupakan seorang vampir berusaha menyembunyikan identitasnya di sekolah barunya. Mengingat dia sudah sering berpindah-pindah sekolah karena julukan vampirnya itu. Suatu hari di dalam kereta, dalam keadaan kelaparan tanpa sadar ia menggigit leher cowok di sebelahnya. Akibat perbuatannya itu si cowok memintanya bertanggung jawab--Jaemin Jung. Cowok populer di sekolah tersebut. Tanpa sadar pertemuan tersebut membuat mereka saling menyukai. Namun tidak semudah yang dibayangkan banyak hal yang menghalangi mereka berdua. Ngomong-ngomong Jaemin ganteng yha... eh. 


Untouchable by Massstar tentang cewek vampir-Sia Lee [22 tahun] yang berprofesi sebagai model terkenal nan seksi. Tidak seperti vampir yang biasanya-yang suka menghisap darah manusia. Vampir jenis modern seperti Sia Lee cukup menyentuh korbannya dan mengambil energinya. Suatu hari saat ia berjalan menuju apartemen barunya ia menabrak cowok yang sedang membawa tumpukan buku dan tanpa sadar saat membantu mengambil buku tangannya bersentuhan dengan tangan cowok itu. Dia merasakan energi yang luar biasa. Jiho-cowok yang ditabrak Sia ternyata mengidap penyakit OCD. Lalu, bagaimana Sia bisa menyentuh si korban a.k.a ayam a.k.a Jiho? Tolong abaikan gambar syurnya (/.\)

Noblesse by Jeho Son/Kwangsu Lee tentang vampir juga... ya ampun vampir lagi. Namanya Cadis Etrama Di Raijel-nama panggilannya Rai. Seorang vampir yang akhirnya bangun setelah 820 tahun tertidur. Ia memutuskan untuk memakai seragam sekolah SMU Yeran yang sama dengan anak-anak yang sedang berjalan menuju sekolah. Di pertengahan jalan ia bertemu Shinwu Han yang sedang tergesa-gesa-terlambat sekolah. Ia menjadi anak baru di sana, ia diantar oleh Shinwu ke ruang kepala sekolah yang ternyata seorang bawahannya bernama Frankenstein. Komik ini cukup kocak menurutku mengingat ekspresi Rai yang selalu datar saat melakukan sesuatu yang lucu, seperti menginginkan ramyeon. 


A Simple Thinking about Blood by Dongsun Park komik strip tentang kelakuan tiap golongan darah. Komik ini sebenarnya sudah terbit 3 buku. Genre komedi yang cukup lucu dan menghibur. Sebagian penjelasan kelakuan absurd tiap golongan darahnya pas banget! Aku O-gata :P



Girls of Wild's by Hun/Zhena tentang murid-murid SMA Wild's yang memiliki pendidikan tinggi, kecantikan, kekayaan dan bahkan kemampuan bertarung! Sekolah ini melakuka terobosan baru yaitu menerima murid laki-laki yang sialnya hanya ada satu-Jaegu Song. Seorang yang membenci sosok perempuan setelah ditinggal ibunya selepas ayahnya meninggal dan membuatnya harus hidup bertiga bersama adik kembarnya.  



God of Bath by Ilkwon Ha tentang Heo Sae si pengangguran penuh pencitraan yang terpaksa jadi tukang gosok daki di pemandian umum karena dililit hutang. Konon katanya ia memiliki Tangan Dewa Pemandian yang sakti tapi ia benci menjadi penggosok daki. Lucu tapi absurd gimana ya, Heo Sae suka narsis, sok-sok puitis dengan wajah sok suci(?) terus selfie. Padahal lagi di pemandian, handphonenya ditaruh mana? Webtoons versi bahasa Indonesia masih episode 7~


New Normal: Class 8 by Young Paka komik yang awalnya aku sama sekali nggak tertarik. Ceritanya  Dongwon Kam yang punya kelainan tubuh di mana kepalanya selalu membesar membuatnya sering diejek sehingga ia menyalahkan orangtuanya. Suatu hari ibunya memindahkannya ke sekolah Rainbow yang menerima anak-anak khusus tidak membeda-bedakan. Di sana ia bertemu dengan teman-teman yang sama anehnya degan dirinya. Sunghoon Nam si tangan elastis, Jeongwoo si kepala elastis, Sungjae Han si tangan enam dan sebagainya. Hari-harinya berlalu dengan berbagai macam kejadian unik dan tidak disangkanya. Komik ini sumpah lucu banget. Harus baca! Tiap episode kalian akan disuguhkan dengan adegan absurd dan mengocok perut membuat kalian tidak bisa menahan tawa! Di balik kekocakan ceritanya, ada pesan yang dapat diambil contohnya "Cintai dirimu sendiri"

Kalau nggak sabar nunggu tiap episodenya, kalian bisa baca yang versi bahasa Inggris. Soalnya episodenya udah jauh =)

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...