25 May 2021

Melvina's Therapy | Webtoon

Melvina's Therapy
Penulis: A. Rasen
Genre: Horror
Bahasa: Inggris
Tahun Terbit: 4 Mei 2017
Rating: 5 of 5 stars
WARNING 18+!

Anxiety, loneliness, depression with a regular therapy you can deal with these issues, but Melvina's therapy is about something deeper: creepy secrets remaining in the darkest space of your mind, waiting for you.


 

In order for therapy to work, you must find a psychologist with whom you connect.
Gina telah lama merasakan ketakutan yang amat besar terhadap sesuatu yang berhubungan dengan hares (kelinci liar). Keadaan Gina yang sering ketakutan membuat Owen, sang kekasih khawatir dan akhirnya memaksa Gina untuk menemui psikolog bernama Melvina. Di tempat terapi tersebut, Owen menjelaskan bahwa seminggu belakangan kondisi Gina semakin parah karena dipicu oleh sebuah foto yang diambil 20 tahun lalu. Pada sesi konseling, Melvina memperlihatkan sebuah gambar kelinci kepada Gina agar ia bisa menghadapi ketakutannya. Namun, Gina tetap ketakutan dan menghentikan sesi konselingnya.
I should never visited her. I should never have opened up to her! Because while she pulled me from the ashes of my life. Little by little she was dragging me to hell!
Melvina's Therapy
Sesampainya di rumah, Gina meminta penjelasan terkait foto yang ia temukan itu kepada sang ibu. Ibunya berkata foto tersebut diambil saat ia berwisata bersama teman-teman sekolahnya. Pada saat itu, beberapa teman sekelasnya tidak kembali ke karyawisata dan tiga di antara temannya menghilang tanpa jejak. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi bahkan Gina yang kembali dengan keadaan kacau. Pihak kepolisian menanyakan banyak hal kepada Gina terkait kejadian tersebut. Namun, interogasi yang dilakukan polisi justru memicu histeria Gina hingga berjam-jam. Akhirnya interogasi pun dihentikan atas permintaan ibu Gina dan masalah tersebut dianggap tidak pernah terjadi.

Owen yang mengetahui perihal foto tersebut mengajak Gina mengunjungi tempat karyawisata kekasihnya dahulu agar ingatan Gina kembali. Tetapi, Gina menolak karena ia tidak ingin mengingat sesuatu yang ingin dilupakannya. Pada minggu yang sama, Gina akhirnya ikut ke gunung tersebut bersama Owen karena terpaksa. Di tengah gunung dan hutan yang lebat, Gina dan Owen menemukan sebuah vila besar yang menyimpan misteri 20 tahun lalu. 
Don't you think the system is built to deceive us? It slowly takes you away from your dreams and it turns you into a gear, making believe you needthe rest of the machine to function.
Melvina's Therapy adalah komik web yang terdiri dari kumpulan cerita pendek bergenre horror. Setiap chapter cerita pendeknya dimulai dengan sesi konseling oleh Melvina bersama para pasien yang mengalami gangguan mental atau gangguan jiwa dan memiliki fobia tertentu. Webtoon ini mencakup 10 cerita pendek yaitu Hare's Arms, Chairs, Back to Mornau, Resilience, The Overview Effect, Falling Gaps, The Black Crow, Antique, dan The End of. Meskipun cerita pendeknya berbeda tema, tetapi masih saling terhubung dengan satu benang cerita utama yang semakin menonjol. Pada beberapa chapter awal, peran Melvina sekadar sebagai psikolog yang berupaya menyembuhkan trauma pasiennya. Begitu mendekati klimaks, peran dan kehidupan Melvina akan terkuak secara menyeluruh dan berpengaruh besar terhadap cerita-cerita sebelumnya. Melvina digambarkan sebagai wanita tua yang berpakaian rapi, misterius dan memiliki motif tersembunyi. Kadang-kadang Melvina melontarkan kalimat yang sulit dipahami kepada pasiennya.

Rasen memiliki art style yang sangat detail pada bagian ekspresi wajah hingga latar tempat cerita yang didominasi warna gelap. Menurutku ekspresi yang digambar Rasen benar-benar on point dalam menyampaikan rasa depresi dan anxiety yang dialami para tokohnya. His art style is creepy yet beautiful. Selain itu Rasen menyisipkan gambar detail tersembunyi (easter egg) yang simbolis di setiap chapter. Di 3 cerita pendek awal chapter, Rasen akan menjelaskan satu per satu arti dari gambar detail yang telah dibuatnya. Easter egg yang tersembunyi juga menyimpan amanah yang bisa diambil sebagai pelajaran dan terinspirasi dari film & buku horor terkenal. Untuk chapter selanjutnya, Rasen membiarkan para pembaca mengartikan sendiri. Jadi, ketika membaca webtoon ini aku sering scroll ulang dari awal untuk mencari easter egg-nya dan menebak-nebak artinya. Oh iya, easter egg ini punya keterkaitan dengan cerita selanjutnya.

Chapter favoritku adalah Opposite Therapy karena chapter tersebut menguak sedikit demi sedikit kisah masa kecil Melvina yang mengubah Melvina menjadi orang yang misterius. Jujur, aku merasa ketakutan saat membaca chapter Hare's Arms, Back to Mornau, dan karena latar belakang suasana didukung dengan gambar horornya benar-benar terasa mencekam dan menyeramkan. Aku juga merasa begidik ngeri dan jijik karena ada beberapa panel yang memuat disturbing images contohnya panel fetus keluar dari mulut Margaret di chapter Chairs. Di dalam webtoon ini ada unsur LGBT, hubungan seks, pemerkosaan, dan bullying. Jadi bagi yang merasa kurang nyaman aku sarankan jangan baca.

Hal-hal yang aku dapatkan dari webtoon ini adalah:
1. Ketika menjalin hubungan, jangan pernah ada keinginan untuk mengubah pasangan. Pasangan kamu bakalan berubah kalau dia yang mau/dia niat.
2. Jangan pernah berhenti melakukan hal-hal yang kamu sukai
3. Ketika ada teman merasa sakit hati karena dikatain atau dirundung, jangan pernah bilang "kamu itu terlalu sensitif", "gitu aja baper", "kamu itu harus kuat. nggak boleh lemah". Karena sebenarnya semua perasaan yang muncul di hati kita itu valid dan kita terima. Jangan disangkal.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...