05 April 2017

Pak Guru Inyong | Webtoon


Pak Guru Inyong
Kreator: Anggoro Ihank
Genre: Slice of Life, Comedy
Terbit: Setiap Rabu & Kamis
Rating: 5 of 5 stars

Guru memiliki sebutan pahlawan tanpa tanda jasa karena beliau selalu bersabar dan tidak kenal lelah mengajarkan ilmu-ilmu yang dimilikinya kepada para murid agar mereka pintar, cerdas dan mampu memajukan bangsa Indonesia. Meskipun terkadang siswanya tidak menurut, suka mencari masalah, ribut di kelas dan sebagainya beliau selalu bersabar. Selama bersekolah aku hanya tahu soal guru PNS padahal ada juga guru honorer. Seperti apa sih guru honorer itu? Mari baca kisah Inyong seorang guru honorer ini!

Inyong sewaktu kecil bercita-cita menjadi pilot, kemudian berubah ingin menjadi tentara, berubah lagi ingin jadi astronot, dan orang kaya. Saat Inyong berstatus mahasiswa tingkat akhir banget, semester 14 skripsi tak kunjung selesai yang diinginkannya hanya cepat lulus, menikah dan punya anak. Kenyataannya sekarang Inyong bekerja sebagai Guru Honorer di sekolah menengah pertama mengajar seni rupa, TIK, dan bahasa Inggris padahal bidang yang ia kuasai hanya seni rupa. Kehidupan Inyong tidak hanya perihal mengajar murid saja tetapi juga kehidupan pribadinya yang belum punya pacar alias menjomblo. Meskipun statusnya guru honorer, ia selalu membantu kegiatan sekolah.


Webtoon Pak Guru Inyong baru terbit 10 Januari 2017 lalu tetapi sudah banyak disukai para pembaca. Webtoon ini menyuguhkan kisah suka dan duka guru honorer melalui tokoh Inyong. Desain karakter Inyong sangat menarik, dagunya panjang seperti kuda. Inyong diceritakan sebagai guru honorer yang polos, rajin bekerja dan selalu bersyukur. Kisah Inyong sangat menghibur dan kocak, tidak hanya itu--ada juga sisi serius yang diceritakan. Di akhir episode penulis selalu memberi informasi mengenai fakta-fakta seputar nasib guru honorer. Dengan informasi tersebut aku  mulai sedikit-sedikit paham soal guru honorer. Adega favoritku adalah saat tanggal tua guru PNS mukanya kusut masam, Inyong malah terlihat ganteng kinclong macam Sakamoto, desu ga? XD Hal yang bisa ditiru adalah Inyong tidak pernah lupa berdoa dan bersyukur di manapun ia ditempatkan. Guru honorer maupun guru PNS sama-sama punya niatan baik mencerdaskan para siswanya maka dari itulah patuhi dan hargailah guru-guru di sekolah. Guru tak lebih dari manusia biasa yang kadang bisa marah menyeramkan, tapi ketahuilah itu semata-mata bentuk kepedulian guru terhadap siswa. Agar siswa menurut dan berperilaku baik. 

Fun fact: Komik Pak Guru Inyong ini terinspirasi dari pengalaman teman-teman dan keluarga pengarang yang berprofesi sebagai guru honorer.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...