01 April 2024

Book Review: Wish Me Luck by Ranieva

Wish Me Luck

Pengarang: Ranieva
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbit Buku: 14 Juni 2023
Tebal Buku: 240 halaman
Baca di Gramedia Digital
Rating: 








Lo berusaha keras nggak bikin orang sekitar lo khawatir, tapi turns out sikap lo yang menutup-nutupi itu malah bikin orang makin khawatir sama lo. 

Suatu hari saat sedang berada di kafe Auburnーkafe langganannya, seorang laki-laki yang tidak kenal mendekati Sekar dan mengajaknya berkenalan. Laki-laki yang diketahui bernama Banyu itu ternyata diam-diam memperhatikan Sekar tiap kali ia berkunjung ke Auburn Cafe. Pada kesempatan itulah Sekar diberi segelas kopi hangat yang wadahnya sudah ditulisi nomor Banyu. Sekar yang tidak ada niatan mau berkenalan itu pun tetap membawa gelas kopinya dan hanya mendiamkan nomor tersebut. Selang hari berikutnya, Sekar kembali ke Auburn cafe dan menemukan sosok laki-laki itu sedang mencurahkan hatinya tentang progres PDKT-nya kepada dua pegawai cafeーyang juga dikenal akrab oleh Sekar. Dari pertemuan kedua itu, Sekar mendapat ajakan makan bareng dengan Banyu untuk mengenal lebih dekat.

Semenjak perkenalannya dengan Banyu, hidup Sekar mulai sering mengalami kesialan. Seperti saat sedang bekerja di kantor, salah satu rekan kerjanya tertrabrak mobil hingga pinggulnya menabrak tangga. Lebih parahnya lagi, rekan kantor lainnya terlibat kasus fraud yang hampir merugikan bank, dilanjut dengan kejadian-kejadian ganjil yang melukai orang-orang di sekitarnya. Apakah benar kesialan itu akibat kehadiran Banyu?

edited by me

Sejak melihat sebuah postingan mutual tentang novel ini di Instagram, aku jadi penasaran dengan ceritanya akan seperti apa. Palette warna yang merupakan perpaduan biru dan pink pastelnya kelihatan manis dan enak dipandang. Well, aku hanyalah pembaca biasa yang juga menilai buku dari kovernya ehehe. Aku cukup beruntung buku ini sudah ada di Gramedia Digital dan tentu saja aku langsung memasukannya ke daftar bacaan. Seperti yang sudah aku jelaskan di awal paragraf atas, novel ini menceritakan kisah cinta Sekar yang tiba-tiba didekati dan diajak kencan dengan seorang laki-laki bernama Banyu一yang mengaku sebagai secret admirernya. Kepribadian Banyu yang ceplas-ceplos dan berani, akhirnya meluluhkan Sekar untuk memberinya kesempatan berkenalan. Namun, semenjak berkencan dengan Banyu, hidup Sekar jadi penuh kesialan. Ada banyak hal ganjil terjadi hingga melukai orang-orang terdekatnya. 
Orang bakal khawatir kalau nggak tahu apa yang sedang dia hadapi. Gue khawatir karena gue belum tahu penyebab kesialan yang menimpa lo bertubi-tubi. Memangnya gue nggak kepikiran kemungkinan gue yang membawa petaka buat lo?
Saat membaca cerita awal-awal pertemuan dan proses pendekatan Sekar dan Banyu aku cukup menikmati jalan ceritanya. Aku dibuat penasaran bagaimana hasil akhir dari usaha Banyu dalam mendapatkan hatinya Sekar. Namun, aku sempat jenuh dan agak malas membaca ketika adegan-adegan kesialan yang dialami Sekar dan orang-orang sekitarnya. Kesialan yang terjadi berturut-turut itu muncul terlalu berbondong-bondong sehingga membuatku merasa kurang nyaman dan capek baca. Namun, kehadiran konflik Karina一rekan kerja Sekar, membuat jalan cerita novel ini terasa seru dan menyedot perhatianku. Aku pun jadi tidak sabar untuk mengetahui fakta kebenaran dari kasus rekan kerjanya itu. Aku suka bagaimana penulis mengembangkan kisah Sekar-Banyu secara perlahan dengan momen-momen sederhana yang dibangun di antara keduanya.

Mengenai penokohan, aku kurang suka dengan tokoh Sekar yang karakternya banyak pikiran, tidak bisa dinasehati, dan keras kepala. Tapi, dibalik itu aku suka jalan hidup yang ia pilih agar mandiri dan tangguh. Tokoh Banyu buatku kurang kelihatan charm-nya. Banyu beberapa kali dibilang punya wajah ganteng dan terlihat menarik. Namun, dari cara penulis menggambarkan Banyu melalui interaksi dengan tokoh lain, aku malah merasa dia biasa saja. Aku merasa pendekatan Banyu di awal terkesan memaksa, tapi lama-kelamaan aku suka dengan sifatnya yang penyayang dan melindungi itu. 

Di dalam novel ini ada dua konflik yang berlangsung secara bersamaan: kasus rekan kerjanya Sekar dan kesialan yang dialami oleh Sekar. Meski konfliknya bertumpuk, aku puas dengan penyelesaiannya yang tidak bertele-tele dan tidak juga kecepatan. Di bagian bab akhir mulai terkuak tentang kesialan Sekar yang selalu berkaitan dengan angka 4 dan 7. Terkesan cocoklogi, tapi make sense. Last, aku cukup terhibur dengan novel ini. Kalau kamu lagi nyari novel romance yang ada bumbu misteri sedikit, kamu bisa pertimbangkan membeli novel Wish Me Luck 😉

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...