13 Januari 2017

2016!

Hi, everyone! How was your day?
Happy New Year 2017!
明けましておめでとうございます、みんあ!



Awal tahun 2016 lalu aku sempat menulis resolusi 2016 yang lebih merujuk pada kegiatan membaca dan menulis blog. Dalam hal menulis blog, aku mewujudkannya dengan berpartisipasi di Comic Reading Challenge yang diadakan oleh The Cute Geek. Aku sangat antusias mengikutinya.
Setiap aku selesai membaca komik, langsung membuat resensinya. Sampai bulan September aku berhasil meresensi 39 komik, kemudian aku berhenti. Ada niatan menulis sebenarnya, tapi keadaanku sebagai mahasiswa yang banyak tugas cukup menyita perhatianku dari komik. Aku bahkan tidak bisa menyelesaikan bacaan buku non-fiksi pinjaman kampus karena tugas tadi. Jadi tiga bulan berikutnya aku sama sekali tidak menulis apapun di blog. 

Kegiatan membacaku lumayan berjalan lancar. Seperti tahun-tahun sebelumnya aku selalu menetapkan target membaca di Goodreads, tahun 2016 aku ingin membaca 55 buku (setiap tahun bertambah 5 buku). Nah, di tahun 2016 aku berhasil membaca 71 buku. Sebagian besar buku yang kubaca adalah komik dan novel--pinjam di iJak. Padahal resolusinya pingin lebih banyak baca non-fiksi, ya hahaha gagal lagi :(. Harusnya buku yang sudah kubaca bisa lebih dari 71 buku tapi karena alasan di atas aku tidak bisa menambahnya. Aku tetap membeli komik, tapi belum sempat dibuka dan dibaca--sampai detik ini. 

Satu tahun berlalu pasti ada saja hal yang berubah dalam hidup--meski sedikit, right? Jujur saja, semenjak mengikuti Comic Reading Challenge aku merasa membaca komik adalah hal yang sangat wajib dan menyiksa. Karena aku harus selalu mengejar ketertinggalanku dalam meresensi komik. Salahku juga sih yang terlalu memaksa diri sendiri. Aku merasa dengan mereview komik akan mempertahankan keberadaan blogku ini--yang jujur aku tidak tahu harus diisi apa selain resensi komik which is my favorite thing to do. Dan sejak itu juga aku agak ogah-ogahan membaca komik (beli komik saja rasanya terpaksa). Bisa jadi karena kebanyakan tugas jadi begini ya ^^,. 


Kemudian di bulan Agustus, aku dan para penggemar komik Bleach dikejutkan dengan akhir ceritanya yang err.... mengecewakan [chapter 686]. Aku mau cerita kok malah salty gini (T ^ T). Intinya cerita Bleach diakhiri secara tidak baik, Tite Kubo seakan-akan memaksa jalan ceritanya. Menurut para pembaca Bleach yang sudah mengikuti manganya sampai akhir mengatakan bahwa banyak hal yang belum diungkap oleh Tite Kubo. Tapi tiba-tiba berakhir seperti itu. Aku sendiri mengikuti komiknya sesuai dengan terbitan m&c! hanya sampai volume 61. Sempat mau beli volume selanjutnya, tapi pas tahu akhir ceritanya seperti itu, aku enggan lanjut baca. Akhir ceritanya Bleach hampir mirip dengan Naruto. Spoiler Alert! Di masa depan Ichigo menjadi suaminya Inoue yang bagiku itu NOTP banget. Aku sampai bertanya-tanya bagaimana bisa Tite Kubo setega itu? Melihat kenyataan kedua tokoh itu sama sekali tidak ada hints kuat imut-cute di antara mereka! Hubungan mereka bisa dibilang tidak sekuat Ichigo dan Rukia. Hanya Inoue yang menyukai Ichigo- perasaan Ichigo tidak ada yang tahu. Tite Kubo pernah bilang bahwa dia tidak akan membuat Bleach berasa romantis, but in the end? Pokoknya aku tidak ikhlas :') Kalaupun akhirnya romantis, harusnya Ichigo sama Rukia. Banyak hint yang membuat orang-orang meng-OTP-kan mereka. Tapi ya sudah sih, nasi jadi bubur. Gara-gara itu, ada pembaca yang tega setega-teganya membakar koleksi komik Bleach-nya. Aku sih ogah, komik mahal masa dibakar-bakar :P.

Source: @BLACKPINK_INTL's Twitter

Di bulan Oktober, aku sering menonton acara-acara Korea di channel KBS World. Salah satunya Music Bank yang menayangkan musik-musik Korea. Kebetulan di bulan itu dan bulan-bulan selanjutnya banyak boyband/girlband yang comeback membawakan lagu-lagu bagus. Sebut saja EXO, EXID, TWICE, BLACKPINK, MONSTA X, HYUNA, dan sebagainya. Aku sendiri kepincut sama lagu barunya EXO yang berjudul Monster, Lucky One, dan Lotto. Kemudian aku juga kepincut sama girlband baru bentukan YG Entertainment: BLΛƆKPIИK.  


Lalisa Manoban as Main Rapper & Lead Dancer

Hal pertama yang bikin aku perhatian sama girlband ini adalah Lisa. Mukanya itu kelihatan beda banget, bukan muka Korea (dia orang Thailand). Waktu itu kalau tidak salah BLACKPINK membawakan lagu pertama mereka yang judulnya Whistle. Bunyi whistle-nya itu lho eargasm! Sekali dengar langsung suka! Lagu kedua mereka judulnya Boombayah, well pertama dengar lagunya aku tidak terlalu suka. Baru sukanya pas nonton Weekly Idol, Blackpink ngedance lagu Boombayah kecepatan 2x lipat. Whistle dan Boombayah tergabung di dalam single album Square One. Menurutku, girlband BLACKPINK berbeda dari yang lain; BLACKPINK itu unik & anti-mainstream. Auranya mereka itu kuat banget. BLACKPINK terdiri dari Jisoo, Rosé, Jennie, dan Lisa. Member favoritku Lisa! Bulan November kemarin mereka merilis single album Square Two yang terdiri dua lagu yaitu Playing with Fire dan STAY. So now I'm officially a fan of BLACKPINK! ❤

Tidak hanya musik K-Pop saja, aku juga menonton drama-drama khas Negeri Gingseng ini. Di bulan Februari para penggemar drama Korea dibuat terkesima dengan akting Song Joong Ki dan Song Hye Kyo dalam drama Descendants of The Sun; drama romance/drama/comedy tentang Yoo Shi-Jin (Song Joong Ki) Kapten Tim Alpha, unit pasukan khusus Tentara Korea dan Kang Mo-Yeon (Song Hye Kyo), dokter bedah yang bercita-cita sebagai profesor. Keduanya bertemu di rumah sakit Haesung. Saat Yoo Shi-Ji mencari ponsel temannya yang dicuri oleh pencuri motor bernama Kim Gi-Boem yang baru saja diselamatkannya dari geng pemalak. Drama ini booming sampai ke seluruh dunia. Aku dan beberapa teman sekelas ribut fansgirling Song Joong Ki. Drama hits ini membuatku makin tertarik untuk menonton drama Korea yang lain. Buktinya aku sempat menonton drama Uncontrollably Fond, Jealousy Incarnate, W Two Worlds, Doctors dan Legend of The Blue Sea. Itu saja sih.. Hehehe. Di Tv ada banyak drama Korea, tapi aku cuma mengincar drama yang aktornya terkenal. Masih amatir soal Korea-an gini. Bisa dibilang aku ini fans Korea gadungan (masih berpihak di kubu J-Pop)


Sebagai penggemar hal-hal Jepang sejak SD, drama Jepang tidak akan terlewatkan. Aku menonton drama A Girl and Three Sweetheart tentang Misaki Sakurai (Mirei Kiritani) seorang pâtissier jomblo sudah lama tinggal serumah dengan tiga bersaudara Shibasaki: Chiaki Shibasaki (Nomura Shuhei), Kanata Shibasaki (Yamazaki Kento) dan Toma Shibasaki (Shohei Miura); drama Mischievous Kiss yang dimainkan Yuki Furukawa & Honoka Miki. Akhirnya bisa nonton dramanya Mas Yuki setelah sekian lama tidak berjodoh. Dua kali tayang di TV tapi nggak bisa nonton :')

Oke, inti dari post ini adalah aku mengalami sedikit perubahan hidup: prioritas membacaku tidak lagi komik, tapi genre lain yang lebih serius, aku mulai jadi wibu Korea selama dua bulan, punya girlband favorit dari awal debut, kesukaanku pun merambah sampai negeri Gingseng (thanks to KBS World) yang secara tidak sadar sudah mengubah mindsetku mengenai Korea. Apalagi ya, tahun ini aku jadi book-hoarder; menumpuk buku yang dibeli, bacanya sedikit. Tanggung jawab sebagai mahasiswa pun makin berat. 

Resolusi tahun 2017 sepertinya aku ingin bisa lebih konsisten dalam mengerjakan sesuatu apapun itu. Aku pikir semakin dewasanya kita, setidaknya ada satu hal yang benar-benar kita kuasai dan aku belum sampai ke tahap itu, masih setengah-setengah. Aku harap tahun ini kegiatan belajar dan bloggingnya bisa lancar. Amin. 



P.S karena laptop baru diperbaiki, aku blogging lewat handphone (susah ngetiknya!) Maafkan daku yang baru bikin post 2017 di pertengahan bulan Januari (~_~;). Oh iya hari ini ulang tahunnya Ayah, semoga panjang umur dan sehat selalu! 

BLACKPINK [ SQUARE ONE]
 

BLACKPINK [SQUARE TWO]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...