20 January 2017

Manga Review: Haikyu!! Fly High! Volleyball!, Volume 1 by Haruichi Furudate



Haikyu!! Fly High! Volleyball!! #01
Pengarang: Haruichi Furudate
Penerbit: m&c
Tebal buku: 192 halaman
Tahun terbit: 20 Juli 2016
Rating: 4 of 5 stars
Benar. Ini memang sederhana sekali. Sesulit apa pun bola, hanya ada satu alasan untuk mengejarnya. Selama bola masih di lapangan, selama bola belum jatuh. Sesulit apapun situasinya hanya ada satu alasan untuk terus bertarung asalkan masih belum kalah.
Satu lagi komik shonen bergenre olahraga setelah komik Kuroko Basketball yang aku baca. Berkisahkan tentang Shoyo Hinata, siswa kelas 3 SMP Yukigaoka seorang kapten klub voli bertubuh pendek bersama lima rekan setimnya, terdiri dari Suzuki, Kawasama dan Mori (anggota klub voli kelas 1) serta Koji Sekimukai (anggota klub sepak bola) & Yukitaka Izumi (anggota klub basket).  Mereka mengikuti turnamen voli pertama kali.

Hinata menyukai olahraga voli sejak menonton tayangan turnamen nasional tiga tahun lalu, ada salah satu pemain yang bertubuh pendek hanya 170 cm, yang lain 190 cm semua、namun bisa mengumpulkan poin telah menginspirasinya. Kecintaan terhadap voli dan tekad kuat membuat Hinata yakin timnya bisa menjadi pemenang. Tapi, rekan timnya itu tidak yakin karena tim mereka terdiri dari anggota amatiran yang tidak tahu menahu soal voli, kecuali Hinata. 
Kalian jadi pemain cadangan saja nggak bisa, tapi malah memandang rendah lawan? Mau sok hebat? Jangan mempermalukan nama sekolah! 
Di awal pertandingan nanti SMP Yukigaoka akan menghadapi SMP Kitagawa 1 yang dijagokan sebagai pemenang turnamen. Baru saja dibicarakan, tim SMP Kitagawa 1 muncul dengan aura menakutkan sanggup mengintimidasi tim lain. Para pemainnya tinggi-tinggi dan ada satu pemain dijuluki si 'Raja Lapangan' sebagai pemimpin tim namanya Tobio Kageyama.

Source: Pinterest

Meskipun pertandingan belum dimulai, para penonton sudah bersorak-sorai menyebut-nyebut nama SMP Kitagawa 1 sebagai aksi dukungan. Suasana menjadi tegang. Rekan-rekan Hinata kembali merasa minder. Hinata kembali meyakinkan mereka dengan kemampuan lompatnya yang hebat, lawan setinggi apapun pasti bisa dilewati. Pertandingan sudah dimulai, tim SMP Kita 1 melakukan service bola ke arah Tim SMP Yukigaoka, dipantulkan oleh Koji, lalu Izumin sebagai setter mengoper bola ke arah Hinata. Langsung saja Hinata melompat sambil melambungkan bola ke arah tim lawan, tapi berhasil digagalkan dengan cross block-nya tim Kita 1. Turnamen berjalan sangat alot, kedua tim sama-sama berjuang memperoleh poin. Tim Kita 1 yang tinggi-tinggi dan mahir bermain voli berhasil memenangkan pertandingan. Tim Yukigaoka hanya berhasil mencetak 7 poin. 
Semua tergantung pada siapa yang kalah dan siapa yang menang. Kalau sudah kalah... maka nggak bisa lagi berdiri di lapangan.
Setahun sudah turnamen itu berlangsung. Hinata sekarang memulai hidup barunya sebagai siswa SMA Karasuno di Prefektur Miyagi. Kebiasaan tiap tahun penerimaan siswa baru, semua klub di sekolah akan mencari anggota baru dari anak-anak kelas 1. Hinata sudah bulat tekadnya memilih klub voli yang menjadi favoritnya. Kemudian Hinata menuju gedung olahraga, dan di sana ia melihat sosok yang ingin ia balas dendam atas kekalahannya di turnamen voli lalu. Si Raja Lapangan masuk ke klub yang sama dengannya. 


Seperti yang sudah kutulis di atas, komik ini genre olahraga yang aku baca setelah Kuroko's Basketball. Dari cerita olahraganya sudah beda, di sini membahas soal voli. Melalui Hinata, si tokoh utama kita bisa lihat bagaimana latihan voli seperti apa. Aku merasa kolaborasi Hinata dan Kageyama ini seperti Kuroko dan Kagami. Keduanya memiliki sikap dan kelebihan yang berbeda, menjadikan mereka duo yang tak terkalahkan. Aku melihat kemiripan Hinata dengan Kagami, jujur saja kelihatan bodoh, kocak persis anak kecil.

Sebutan si 'Raja Lapangan' yang diberikan pada Kageyama ternyata ada kisahnya sendiri, di mana aku bisa mengambil pesan moral bahwa kita tidak bisa memaksa orang lain mengikuti cara kita sendiri, mungkin maksud kita baik─agar tim menang. Namun, jika melupakan kerjasama tim, menang bukanlah sesuatu yang menyenangkan. 

Komik ini sudah aku beli sejak bulan Juni kalau nggak salah dan baru selesai beberapa hari yang lalu. Aku agak menyesal menunda baca selama itu karena ternyata Haikyu punya esensi yang istimewa jika dibandingkan dengan komik yang bertema sama. Aku merasa komik ini lebih manusiawi-maksudku di sini menceritakan usaha orang-orang yang mencintai olahraga voli, berusaha memenangkan turnamen dengan tekad, kemampuan, keahlian, pengendalian tubuh, kegigihan secara nyata tanpa jurus-jurus aneh. Benar-benar asli olahraga. Aku sekalian belajar istilah-istilah voli melalui Haikyuu. Curhat sedikit, mereview komik ala olahraga ini susah juga, soalnya aku tiodak tahu gerakan mengumpan atau melempar bola di voli namanya apa ( ・ㅂ・)و ̑̑

Fun fact: Pengarang komik Haikyuu!! dulunya seorang atlet Voli, posisinya sebagai Blocker

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...