12 September 2023

Apakah Bisa Membaca Buku di Goodreads? | Booktalk


"Apakah kita bisa baca buku lewat Goodreads?"

Suatu hari sepupuku menanyakan hal itu dan aku jadi teringat bahwa aku pernah punya pertanyaan yang sama. Sepertinya bukan aku saja yang pernah berpikir Goodreads adalah aplikasi untuk membaca buku. Wajar saja, sih, karena kalau dilihat-lihat banyak orang yang update buku di situ. Penasaran kan'? Yuk kenalan sama Goodreads dulu!

Apa itu Goodreads?

Goodreads merupakan sebuah aplikasi dan website pencatat kegiatan membaca yang didirikan oleh Otis Chandler dan Elizabeth Khuri pada tahun 2006. Aplikasi Goodreads bisa diunduh di gawai android dan Apple secara gratis. Goodreads dapat disebut juga sebagai aplikasi jejaring sosial untuk pembaca buku karena ada beberapa fiturnya sama seperti media sosial lainnya.
Tampilan halaman beranda Goodreads

Apa fitur yang ada di Goodreads?

Find Book: Fitur pencarian buku dengan mengetikkan kata kunci berupa nomor ISBN, nama penulis, judul buku, dan memindai barcode buku. 
MyBooks: Fitur menambahkan buku ke rak want to read (akan dibaca), currently read (sedang dibaca),  read (selesai dibaca), membuat rak baru pribadi, dan memberikan rating dalam bentuk bintang
Friends: Menambah dan mengikuti akun pengguna lain, mendapat rekomendasi buku dari teman dan bisa menyukai dan berkomentar pada postingan tersebut.
Explore: Fitur yang berisi pertanyaan trivia dan kuis yang bisa dijawab para pengguna. Fitur ini juga berisi tautan, informasi penulis, video, quotes, dan event terbaru dari Goodreads.   
Group: Pengguna Goodreads dapat bergabung dengan satu atau lebih grup pembaca buku manapun yang dibuat berdasarkan demografi, genre buku, dan geografi. Di dalam grup, pengguna bisa memberi rekomedasi, resensi, dan membuka diskusi. 

Apa fungsi Goodreads?

☺Berinteraksi dan menjalin pertemanan daring dengan pembaca buku dari seluruh dunia
☺Membuat katalogisasi buku koleksi yang sudah dibaca, belum dibaca, dan akan dibaca
☺Membuat catatan perjalanan membaca dan resensinya sekaligus
☺Memberikan rekomendasi buku-buku yang sesuai dengan jenis bacaan favorit kita
☺Memberi update terbaru progres kegiatan membaca pengguna lain 
☺Memberitahu kegiatan terbaru pengguna Goodreads seperti sedang berteman dengan pengguna lain dan buku yang akan dibaca

Apakah bisa membaca buku lewat Goodreads dan bagaimana caranya?

Goodreads memang aplikasi yang berkaitan dengan aktivitas membaca, namun tidak bisa digunakan untuk membaca buku. Goodreads hanya dapat digunakan untuk mencatat progres membaca pengguna. Meskipun terdapat buku-buku daring yang dapat diakses di tautan dan dapat dibaca, tetapi buku-buku tersebut hanya berisi sedikit cuplikan halaman agar pembaca bisa mengetahui inti bukunya tentang apa. Bisa dilihat di potongan layar bawah ini, bukunya hanya terdiri dari 14 halaman tidak berurutan.

Buku The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business
yang aku unduh dari sini.

Jadi, sekarang sudah tahu tidak penasaran lagi kan', kalau di Goodreads kita tidak bisa membaca buku, dan hanya bisa membuat daftar koleksi buku serta mencatat progres kegiatan membaca saja. Untuk membaca buku daring, kamu bisa baca lewat Kindle, iPusnas, Ruang Baca Kominfo, dan perpustakaan luar negeri. Semoga tercerahkan, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...