04 April 2021

How I Read | Book Talk

edited by me

Aku baru sadar jarang menulis postingan sela di blog ini (yang pasti masih berkaitan sama buku). Beberapa tahun belakangan aku memang lebih fokus menulis hutang review buku. Sebenarnya sih aku sering membaca, tapi orangnya moody-an kalau mau nulis review. Nah, biar isi blog ini sedikit berwarna dan nggak membosankan, maka kali ini aku mau membahas How I Read Books yang terinspirasi dari tulisan blog Kak Sulis di Kubikel Romance. Berikut pertanyaan dan jawaban dariku. Enjoy!

1. How do you find out new books to read?

Aku biasanya update buku-buku baru yang akan terbit dari akun sosial media penerbit yang aku follow di Instagram dan Twitter. Untuk info khusus komik terbaru, aku suka mantengin akun @comic_lxlc dan @whatsonmnc. Pas lagi di toko buku, aku suka keliling buat kepo-kepoin buku di situ dan kadang bisa menemukan buku yang menarik untuk dibaca. Tentu saja sebelum beli aku akan cek informasi buku beserta reviewnya di Goodreads atau blog orang. Selain itu, aku sering dapat rekomendasi buku bacaan dari akun menfess Twitter @literarybase.

2. How did you get into reading?

Kesukaanku terhadap kegiatan membaca tidak lepas dari peran ibu. Ibuku adalah orang pertama yang mengenalkanku kepada Majalah Bobo. Bahkan sampai SMP aku masih berlangganan setiap minggunya. Ketika kelas 1 atau 2 SD untuk pertama kalinya aku membaca komik. Komik pertamaku adalah komik Doraemon yang aku beli saat di Jogja dan setelah itu ibuku membelikan beberapa komik bekas untukku. Salah satunya komik Detektif Conan. Sampai sekarang aku masih suka membaca dengan berbagai jenis buku dan macam genre (^^)v.

3. How has your taste in books changed since you've gotten older?

Berubah sangat drastis pastinya. Dulu aku suka banget baca Majalah Bobo dan komik. Sekarang, aku sudah berhenti berlangganan majalah Bobo (sejak SMP) dan rasa sukaku terhadap komik agak menurun. Aku perlu beberapa hari dan berbulan-bulan untuk menyelesaikan satu komik saja. Padahal dulu sehari bisa langsung membabat habis belanjaan komik. Seiring bertambah usia, aku tertarik dengan buku-buku pengembangan diri, popular science, novel teenlit/young adult/metropop dan, sastra lama Indonesia.

source: problemsofbooknerd.tumblr.com

4. How often do you buy books?

Tergantung jadwal terbit, sih. Aku bakalan sering pergi ke toko buku setiap ada jadwal buku baru. Seperti bulan Maret lalu, aku beberapa kali ke toko buku soalnya buku dan komik favoritku banyak yang terbit bersamaan. Kalau lagi ngga ada buku baru, aku biasanya sengaja beli buku bekas di toko daring buat melengkapi koleksi.

5. How did you get into book-blogging?

Awalnya cuma kepo soal platform blogger dan posting seadanya. Setelah mempelajari seluk beluk dunia blogger--bahwa harus punya niche blog yang khas. Akhirnya aku memilih niche blog buku karena temanya berkaitan dengan hobi membacaku. Cerita singkatnya begitu sih ^^b

6. How do you react when you don't like the end of a book?

Aku akan merasa 'gemas' dan ngedumel "Lho, kok endingnya beginiii?!" Yang paling bikin ngga suka itu kalau endingnya menimbulkan berbagai pertanyaan alias open ending.

7. How often have you taken a sneaky look at the back of the page to see if it's a happy ending?

Instead of sengaja melihat halaman akhir untuk tahu endingnya bahagia atau ngga, aku justru sengaja melihat beberapa halaman belakang untuk tahu ada adegan bagus biar makin semangat membaca sampai akhir, sih.

8. How many people are you going to tag, and who are they?

Siapa saja yang membaca postingan ini. Monggo kalau mau ikutan >_<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...