10 September 2020

Book Review: Acc, Pak!! by Rara Rachel

Acc, Pak!
Penulis: Rara Rachel (Wattpad: @Rachel_ea)
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: September 2019
Tebal Buku: 292 halaman
Rating: 4.5 of 5 stars
Baca di Gramedia Digital
Skripsi itu nggak akan selesai kalau cuma dipikirin, Ya. Harus dikerjain.
Empat bulan sudah Olivia Charil Annisa berkutat dengan skripsi dan masih sibuk merevisi proposalnya. Olivia masih jauh dari kata 'acc'. Meski begitu, Olivia bersyukur karena mendapat bimbingan dari Pak Aria Adiwiryawan, dosen dambaan para mahasiswa. Pada suatu waktu, Olivia sedang sibuk bimbingan skripsi di ruangan Pak Aria untuk membahas proposal skripsi. Baru sepuluh menit bimbingan berlangsung, muncul Pak Danial Adiwiryawan, dosen killer sekaligus adik Pak Aria. Pak Danial datang sambil membawa berkas penting dan ia memaksa Pak Aria untuk segera memeriksanya. Olivia pun terpaksa menghentikan bimbingannya dan Pak Danial pun memintanya datang lagi untuk bimbingan di rumah Pak Aria.
Gara-gara eksistensi Pak dan dan di dunia kita, gue jadi yakin seyakin yakinnya bahwa Tuhan sungguh mahal adil. Kaum Adam dikasih ujian berupa harta, Tahta, wanita. Sementara buat kaum hawa, ujiannya kecantikan, kesempurnaan, dan Danial Adiwiryawan.
Setelah bolak-balik revisi, akhirnya Olivia mendapatkan jadwal presentasi proposal skripsi. Di tengah kegembiraan itu, Pak Goto, penguji proposalnya tidak dapat hadir dikarenakan masuk rumah sakit. Olivia pun harus ikhlas dosen pengujinya digantikan oleh Pak Danial. Ketika sesi tanya-jawab berlangsung, Olivia mendapat berbagai pertanyaan mematikan yang dilontarkan Pak Danial tanpa ampun. Sejak saat itu Olivia semakin sering berinteraksi dengan Pak Danial untuk mengerjakan revisi skripsi demi memperoleh acc sidang skripsi. Interaksi Olivia dan Pak Danial membuat Olivia mengenal lebih dekat sisi lain dari Pak Danial yang tidak pernah dilihatnya.
Susah punya suami ganteng. Hidupku nggak akan tenang takur diserobot orang.

Acc, Pak! adalah novel jebolan wattpad yang berhasil menggugah hasrat membacaku yang sudah mati layu. Ini pertama kalinya aku membaca tulisan Rara Rachel yang suprisingly enak banget untuk diikuti. Plot yang disajikan di dalam novel sebenarnya sederhana dan klise: tentang love-hate antara dosen dan mahasiswa, serta age gap romance. Namun, dengan gaya penulis Rachel yang ringan itu membuatku tidak sabar melanjutkan ceritanya (fyi, aku sampai re-read beberapa kali). Novel Acc, Pak! ini page turner banget. Tokoh utamanya adalah Olivia atau Yaya yang kurang peka dan kocak. Lalu, Pak Danial merupakan dosen pengganti Olivia yang dikenal kritis, jutek, ganteng blasteran, dan papa hot and duda. Yup, Pak Danial sebenarnya duda dengan satu anak perempuan bernama Kayla.  Kedua tokoh ini memiliki sifat yang bertolak belakang, tapi saling melengkapi. Ada pun tokoh sampingan seperti Pak Aria, yang turut membantu proses PDKT Pak Danial. Kemudian, teman-teman Olivia: Tara danYoga.

Saya baru mau ke Monas lho, Pak, bersih-bersih di sana. Biar saya sekalian berguna buat warga Jakarta.

Interaksi keduanya terasa menggemaskan dan penuh ke-uwu-an tiada tara sampai aku pusing ngga kuat. Di balik sikapnya yang jutek, Pak Danial ternyata suka melempar kode cinta. Sedangkan, Olivia yang menjadi incarannya malah tidak peka. Konflik novel ini berkisar Olivia yang kesulitan mendapatkan acc skripsi dan masalah hatinya dengan Pak Danial. Jadi, bisa dibilang konfliknya cenderung ringan, tapi berisi. Pada puncak konfliknya berhasil diceritakan dengan baik dan bikin deg-degan pas baca. Kekurangan novel ini adalah peran Pak Aria sedikit kurang menonjol, padahal sebagai dosen pembimbing at least punya pengaruh yang lebih besar. Sifatnya Pak Danial digambarkan cukup posesif, tukang ngatur, dan ehm toxic masculinity-nya tinggi. Maksudku, masa' pergi ke kondangan nggak boleh pakai make up? Kemudian, di kalimat penutup di bab awal terasa nggak pas, menggantung, jadi agak jumpy gitu. Namun, di pertengahan sampai akhir bab sudah membaik. Secara keseluruhan, Acc, Pak! bisa menjadi bahan bacaan yang ringan, menarik, dan enak untuk diikuti. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...